Monday, July 1, 2019

Ini yang dirasakan Mahasiswa Baru Jurusan Arsitektur


Yang dirasakan MaBa Arsitektur?
Nah.. setelah kilas balik tentang Nirmana, ini inti tulisan kali ini yang ingin sedikit mengingat-ingat dan berbagi; dulu apa aja sih yang saya rasakan saat jadi mahasiswa baru arsitektur?
Yang perlu digarisbawahi, dari awal saya sendiri memilih jurusan arsitektur BUKAN karena TERPAKSA, tapi karena memang punya ketertarikan. Suka sama arsitektur.
Nah, yang jadi MASALAHNYA (entah ini masalah kecil atau besar, atau bukan malah masalah ya?, entahlah.. hehe) adalah: saya sendiri gapunya bakat bawaan bisa menggambar, atau punya latar belakang studi menggambar. enggak sama sekali.
dan...dan..dan... : Hari-hari pertama di dunia pendidikan arsitektur justru itu semua yang saya rasa bener-bener "digenjot" sih. Disitulah terjadi: Yang punya bakat semakin terasah atau terarah, dan... yang belum keluar kemampuannya setidaknya :dipancing" untuk bisa ngikutin matkul di momen-momen ini, hehe.

Berikut adalah hal-hal yang berasa terkenang di awal-awal jadi MABA ARSITEKTUR:
1. Maksimalin Seharian Full, atau Tidur Malam Mulai Berkurang.
Nah.. ini nih salah satu yang bisa jadi seleksi alam buat maba-maba arsitektur yang passion dan keteguhannya kurang akan pindah jurusan ^^. Intinya adalah, umumnya maba arsitektur bakal kaget dengan banyak sekali tugas (yang lebih parahnya ini akan menyiksa manusia-manusia yang kreatifitasnya waktu itu belum terasah seperti saya).
Untuk menyelesaikan semua tugas tersebut, maba harus pinter-pinter nih atur waktu maksimalin siang hari, atau fix tidur malam kalian akan terancam berkurang atau malah sirna.Soalnya itupun senin-jumat biasanya ada kelas/studio pagi sampe sore. Belum lagi weekend pun sering tersita ketemu sama asdos atau survey lapangan loh..! XD

2. Model Kuliah STUDIO
"Kuliah di ruang AC, masuk mepet waktu, ndengerin dosen, mantengin ppt dosen, dst??", haha itumah jurusan lain mungkin.. yaa, arsitektur juga ada kelas teori yang begituan, tapi yang unik itu ada kelas STUDIO. Singkatnya, studio itu kelas yang relatif lama (biasanya 4 sampai 8 sks) dan sistem belajarnya lebih kepada mahasiswa yang diberi waktu "berkarya", entah itu menggambar, membuat model, presentasi, jalan-jalan keluar nyari inspirasi, dan lain sebagainya.
Jadi.. yang banyak dilakukan di studio ini justru ngopi sambil ngobrol atau kerja dibanding boring ndengerin dosen. Yaa... atau sesekali dimarahin dosen sih kalo kerjaanmu belum selesai atau nggak jelas. hehe

3. Speak Up and Discuss! - Kerja Grup/Tim juga sering ditonjolkan
Masih berhubungan dengan STUDIO tadi, intinya selain kreatifitasnya digenjot tapi juga mulai harus jadi manusia yang presentatif untuk setiap produk yang dihasilkan. Ya.. harus percaya diri ngomong gitu. Dan juga harus dibarengi pengetahuan-pengetahuan tentang arsitekturnya. Bahkan seringkali ada momen harus mengkritisi karya temen kita loh.. Harus sekritis-kritisnya waktu menilai orang, dan harus survive sebaik-baiknya waktu presentasi produk sendiri! :D
4. Banyakin Lihat Sekitar, Sempetin Jalan-jalan 
Kalo saya sendiri dulu dosennya malah yang sering ngajak jalan dan nraktir, jadi yaa... tinggal flow aja sih disini. Tapi swear, ini ngefek loh buat kreatifitas merancang.

5. Banyakin Relasi/kenalan buat menyelesaikan tugas, atau tanya material ini dan itu
Bakal ribet kalo kamu butuh tambahan karton, kertas beermat, atau lem, eh ternyata barang susah didapet atau udah tengah malam, dan malah kamu gapunya kenalan. Makanya info tentang relasi dan lokasi ini penting sih..
Saya juga malah dulu seringnya bikin model/mockup itu nginep di kost temen.. biar sharing bahan dan inspirasi, hehe

6. Relax, produk yang penting punya "argumen yang jelas" utamakan ontime
Ini hanya masukan dari pengalaman saya pribadi sih..., di dunia arsitektur kalau kita hanya berlarut-larut mengejar tugas-tugas tanpa istirahat juga malah akan jenuh dan jadinya ga memuaskan. Nah, kalau saya sendiri dulu justru bikin aturan sendiri seperti misalnya "relax dan istirahat setiap ketemu waktu ibadah", atau.. "Pokoknya gue gamau mulai perkara kuliah sebelum jam 6 pagi, sebelum itu pokoknya gue ibadah, jalan-jalan, cari angin atau apalah.."
Nah.. yaa gitu deh, tapi saya jaga komitmen kalau pas waktunya nugas ya harus on-fire!! XD

-----------------------
Mungkin sekian dulu ya untuk gambaran saya tentang apa yang akan dilalui MABA ARSITEKTUR di awal masa perkuliahan, mungkin ada yang belum ada bisa kalian tambahin ya di kolom komentar! hehe.

Jangan lupa bersyukur,
Salam Arsitektur!!
author
ARSILOGI
Adalah sebuah portal untuk berbagi berbagai hal tentang arsitektur. Ada info menarik, cerita, contoh projek, imajenasi dan banyak lagi. Selengkapnya..