Saturday, September 21, 2019

Hal-hal yang Perlu Diketahui saat Membeli Rumah


Apa saja yang perlu diperhatikan saat hendak membeli rumah? Tentunya banyak sekali faktor yang bisa dipertimbangkan. Ada pertimbangan teknis terkait bangunan maupun faktor selera dan pertimbangan pribadi Anda dan keluarga. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat hendak membeli rumah versi Arsilogi:

1. Lokasi dan Legalitas Bangunan
Pastikan rumah yang akan Anda beli berada di lokasi yang tepat menurut keseharian dan keperluan hidup anda. Bagaimana kecocokan Anda untuk hidup di daerah perkotaan, pedesaan, atau perbatasan. Atau bagaimana jika lokasi rumah terletak di dalam perumahan atau di permukiman mandiri. Atau bagaimana jarak rumah dengan lokasi kerja Anda. Selain itu, pastikan juga rumah yang anda beli memiliki sertifikat lengkap dan tidak bermasalah secara hukum.

2. Material Rumah
Untuk memilih rumah yang baik untuk dihuni, tentunya tidak terlepas dari pemilihan material rumah yang tepat. Beberapa hal yang perlu dicermati terkait material rumah adalah karakter material dan umur bangunan. Misalnya bagaimana keawetan material rumah yang anda pilih, apakah menggunakan yang berkualitas atau tidak. Selain itu bagaimana perawatan dan apakah mudah dicarikan penggantinya di pasaran.
3. Struktur dan Instalasi
Perhatikan bagaimana kondisi kolom (baca: tiang) rumah yang anda Beli, juga sambungan-sambungan atau pertemuan antara kolom dan balok, atau bagaimana kuda-kuda rumah anda. Perlu dipastikan sistem atap yang presisi dan tidak bocor. Selain itu perhatikan pula bagaimana pemasangan berbagai fixture yang ada di kamar mandi dan dapur, pastikan tidak ada saluran yang tersumbat.
4. Waspadai Permainan Harga Pasar
Nah, salah satu yag perlu hati-hati adalah saat menyepakati harga dengan agen atau pihak yang menawarkan rumah kepada anda. Jangan sampai anda mendapatkan harga yang terlampau mahal dari harga sesungguhnya. Untuh menghindari penipuan tersebut, anda bisa mulai dengan mengecek harga pasaran atau bertanya kepada orang terdekat anda yang mengerti tentang harga rumah terkini. Anda juga bisa mengira-ngira harga rumah berdasarkan estimasi harga bangun rumah per-meter persegi yang ada di wilayah setempat. 
5. Ketahui apa saja Hak Anda Selaku Konsumen
Pastikan apa saja hak yang akan Anda dapatkan sebagai pembeli. Juga pertimbangkan jika ada kewajiban apa saja yang harus dipenuhi, pastikan tidak memberatkan kehidupan keseharian anda. Misalnya jika ada iuran keamanan atau lain sebagainya.
6. Kenali Lingkungan dan Tetangga Anda
Memiliki tetangga dan lingkungan mendukung adalah salah satu aset terbesar dalam membeli sebuuah rumah. Ini akan terkait dengan kepuasan hidup Anda secara sosial dan juga keamanan rumah anda. Lingkungan yang memiliki rasa kepedulian dan kebersamaan akan cenderung lebih aman dari ancaman pencurian atau kejahatan lain yang semisalnya.
Sekian tips membeli rumah versi Arsilogi, bagaimana menurut Anda? Tambahkan di kolom komentar jika Anda memiliki tips lain atau punya pengalaman seputar membeli rumah!
Terimakasih pembaca budiman! :D
.
------------------------------------------------------------------

11 comments:

  1. mempunyai rumah impian adalah dambaan setiap orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah membaca di Arsilogi, DWI! :)

      Delete
  2. Hwaaa bagus ini kak, biar gak sembarangan beli rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah membaca di Arsilogi, NUUR! :)

      Delete
  3. Terimakasih sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah membaca di Arsilogi, AKEP! :)

      Delete
  4. Pengen dibangunin rumah sama sampeyan, mas

    ReplyDelete
  5. Setuju banget sama poin terakhir. Bagi seorang Ibu sepertu saya ini, Lingkungan dan tetangga, itu faktor penting juga untuk tumbuh kembang anak..

    ReplyDelete
  6. harus banyak sharing sama mas wirawan ini kalau mau beli rumah. banyak ilmunya.

    ReplyDelete

author
ARSILOGI
Adalah sebuah portal untuk berbagi berbagai hal tentang arsitektur. Ada info menarik, cerita, contoh projek, imajenasi dan banyak lagi. Selengkapnya..