Monday, September 23, 2019

Sekilas tentang Vidya Spaey, Arsitek Perempuan Indonesia yang Mendunia

 Hoki Museum design by Nikken Sekkei, Japan
Vidya Spaey PA, ST., MaHS, IAI adalah salah satu arsitek perempuan berasal dari indonesia yang sangat inspiratif. Vidya kerap kali membagikan berbagai pengalaman dan pandangannya sebagai seorang arsitek perempuan dalam berbagai forum. Baginya, perempuan  pada era ini sudah selayaknya mengambil peran penting dalam perkembangan dunia arsitektur.

Vidya adalah lulusan S1 di UGM dan lulusan master housing for the poor di Belgia. Ia pernah menorehkan banyak prestasi diantaranya sebagai arsitek utama di LAUDE Architects, LPDP Awardee (Belgia), mata garuda Jawa Tengah dan YSEALI Alumni 2017. Baginya, tantangan besar bagi arsitek sekarang ini adalah kemampuan membangun jaringan, adaptasi, dan profesionalitas secara global. Berjalan-jalan mengunjungi banyak tempat dan bersepeda adalah diantara aktifitas yang menjadi hobinya.

Kegagalan (belum berhasil) tentunya juga pernah Vidya alami sepanjang karirnya. Awalnya ia berencana untuk membangun karirnya di Jakarta namun keinginan tersebut harus kandas, hingga akhirnya ia mendapatkan kesempatkan untuk menyelesaikan sebuah proyek tower pengembangan hotel di NTT yang kemudian menjadi salah satu batu loncatan dalam karirnya hingga merambah mancanegara.

Vidya pernah terlibat dalam salah satu proyek reklamasi di Qatar, yang dalam proses desainnya ia kembangkan dari pengamatan kultur dan lingkungan sekitar. Dalam proyek tersebut ia mendapat banyak pengalaman tentang bagaimana merespon lingkungan dan iklim dan memproyeksikannya dalam berbagai software simulasi komputer. Dalam salah satu presentasinya, Vidya menceritakan bahwa bekerja di berbagai negara harus siap untuk belajar berbagai software BIM, teamwork, dan workflow yang berbeda. 
"Terkadang kita hanya diberi kesempatan 2-3 hari untuk mempelajari software baru. Itupun sekaligus mulai mengerjakan proyek yang sedang berlangsung." -Vidya menyampaikan.

Selain proyek yang terkait dengan firma dan studio konsultan, Vidya juga aktif dalam kegiatan pemberdayaan potensi arsitektur di masyarakat dan pedesaan. Salah satu gerakan yang dibuatnya (sebagai co-founder) adalah natadesa.org yang meliputi template pengembangan materplan desa, penyuluhan, hingga pengembangan potensi rancangan yang sesuai dengan isu yang ditemukan di masing-masing desa.

Vidya merupakan pribadi yang memiliki etos yang sangat tinggi. Selain perannya sebagai perempuan, ia juga muslimah dan seringkali berpesan dalam akun sosial medianya tentang pentingnya usaha dan berdoa. Pada Agustus 2019, ia berhasil menyelesaikan sertifikasi SKA (sertifikat Keahlian) sebagai Arsitek Madya di IAI (Ikatan Arsitek Indonesia), dan hingga kini masih aktif terlibat berbagai proyek baik dalam maupun luar negeri. (/wir)
.
.
------------------------------------------
Referensi: 

3 comments:

  1. keren bangeet.. sangat inspiratif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih TEMANSENJA, sudah gerrcep baca di Arsilogi.. ^^

      Delete
  2. Motivasi dimalam hari. MasyaAllah. Semangat terus kak udah keren banget ini mah tulisannya. Salam literasi dari Selvi Febriani group Adelaide ka hihi

    ReplyDelete

author
ARSILOGI
Adalah sebuah portal untuk berbagi berbagai hal tentang arsitektur. Ada info menarik, cerita, contoh projek, imajenasi dan banyak lagi. Selengkapnya..