Thursday, October 3, 2019

Ayat-ayat Al-Quran tentang Arsitektur

Pada tulisan sebelumnya, kita membahas bagaimana bahayanya seorang arsitek atau perencana kota jika tidak dibarengi dengan "kebenaran hakiki" yang tertanam kuat dihatinya, keimanan. Saya jadi teringat, dulu sewaktu saya mengambil kuliah Pengantar Rancang Kota. Setiap kali memulai kelas dosen saya selalu mengarahkan untuk menenangkan diri, merenung, meluruskan niat, dan belajar ikhlas. Mungkin terdengar terlalu religius memang, tapi justru sisi religius itulah yang akan menghindarkan bumi ini dari para perancang yang salah. Begitu prinsip beliau.

Anyway, dari situ saya jadi penasaran sebenarnya apa saya ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan dunia arsitektur. Apa saja peringatan dan sejarah dari arsitektur yang disampaikan dalam kitab yang tiada keraguan di padanya tersebut? Kami kutip dari beberapa sumber, setidaknya ada 20 ayat yang dapat dipetik hikmahnya berkaitan tentang dunia arsitektur sebagai berikut;

 1
Dan ingatlah olehmu di waktu Tuhan menjadikam kamu pengganti-pengganti (yang berkuasa) sesudah kaum 'Aad dan memberikan tempat bagimu di bumi. Kamu dirikan istana-istana di tanah-tanahnya yang datar dan kamu pahat gunung-gunungnya untuk dijadikan rumah; maka ingatlah nikmat-nikmat Allah dan janganlah kamu merajalela di muka bumi membuat kerusakan. 
(Q.S. Al-A’raaf : 74)

2
Dan kamu pahat sebagian dari gunung-gunung untuk dijadikan rumah-rumah dengan rajin; 
(Q.S. Asy-Syu’araa’ : 149)

3
Ibrahim berkata: "Apakah kamu menyembah patung-patung yang kamu pahat itu? 
(Q.S. Ash-Shaafaat : 95)

4
Bangunan-bangunan yang mereka dirikan itu senantiasa menjadi pangkal keraguan dalam hati mereka, kecuali bila hati mereka itu telah hancur. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.
(Q.S. At-Taubah : 110)

5

Dan demikian (pula) Kami mempertemukan (manusia) dengan mereka, agar manusia itu mengetahui, bahwa janji Allah itu benar, dan bahwa kedatangan hari kiamat tidak ada keraguan padanya. Ketika orang-orang itu berselisih tentang urusan mereka, orang-orang itu berkata: "Dirikan sebuah bangunan di atas (gua) mereka, Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka." Orang-orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata: "Sesungguhnya kami akan mendirikan sebuah rumah peribadatan di atasnya."
(Q.S. Al-Kahf : 21)

6
Apakah kamu mendirikan pada tiap-tiap tanah tinggi bangunan untuk bermain-main,
(Q.S. Asy-Syu’araa’ : 128)

7
Dan berkata Fir'aun: "Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa dia termasuk orang-orang pendusta."
(Q.S. Al-Qashash : 38)

8

Mereka berkata: "Dirikanlah suatu bangunan untuk (membakar) Ibrahim;lalu lemparkanlah dia ke dalam api yang menyala-nyala itu."
(Q.S. Ash-Shaaffaat : 97)

9
dan (Kami tundukkan pula kepadanya) syaitan-syaitan semuanya ahli bangunan dan penyelam,
(Q.S. Shaad : 37)

10
Dan berkatalah Fir'aun: "Hai Haman, buatkanlah bagiku sebuah bangunan yang tinggi supaya aku sampai ke pintu-pintu,
(Q.S. Al-Mu’min : 36)

11

Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.
(Q.S. Ash-Shaff : 4)

12

Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagi kamu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit binatang ternak yang kamu merasa ringan (membawa)nya di waktu kamu berjalan dan waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu onta dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan perhiasan (yang kamu pakai) sampai waktu (tertentu).
(Q.S. An-Nahl : 80)

13
(yaitu) penduduk Iram yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi,

 (Q.S. Al-Fajr : 7)

14
dan kaum Tsamud yang memotong batu-batu besar di lembah,
(Q.S. Al-Fajr : 9)

15
Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang berterima kasih.
(Q.S. Saba’ : 13)

16
Dikatakan kepadanya: "Masuklah ke dalam istana." Maka tatkala dia melihat lantai istana itu, dikiranya kolam air yang besar, dan disingkapkannya kedua betisnya. Berkatalah Sulaiman: "Sesungguhnya ia adalah istana licin terbuat dari kaca." Berkatalah Balqis: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah berbuat zalim terhadap diriku dan aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Tuhan semesta alam."
(Q.S. An-Naml : 44)

17

Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.
(Q.S. Al-‘Ankabuut : 41)

18
Sesungguhnya orang-orang yang sebelum mereka telah mengadakan makar, maka Allah menghancurkan rumah-rumah mereka dari fondasinya, lalu atap (rumah itu) jatuh menimpa mereka dari atas, dan datanglah azab itu kepada mereka dari tempat yang tidak mereka sadari.
(Q.S. An-Nahl : 26)

19
Dan sekiranya bukan karena hendak menghindari manusia menjadi umat yang satu (dalam kekafiran), tentulah kami buatkan bagi orang-orang yang kafir kepada Tuhan Yang Maha Pemurah loteng- loteng perak bagi rumah mereka dan (juga) tangga-tangga (perak) yang mereka menaikinya
(Q.S. Az-Zukhruf : 33)

20
dan mereka memahat rumah-rumah dari gunung-gunung batu (yang didiami) dengan aman
(Q.S. Al-Hijr : 82)
------------

Sekian artikel kali ini. Semoga kita termasuk ke dalam orang-orang yang dapat mengambil pelajaran dan berpikir dari ayat-ayat Al-Quran yang sudah kita baca. Aamiin, aamiin, Allahumma aamiin.
------------

No comments:

Post a Comment

author
ARSILOGI
Adalah sebuah portal untuk berbagi berbagai hal tentang arsitektur. Ada info menarik, cerita, contoh projek, imajenasi dan banyak lagi. Selengkapnya..